Jalan berbangkit

ASSALAMU'ALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH

Selasa, 23 Oktober 2012

Analisa Program Praktikum ke-2



Analias tugas praktikum ke-2.
Berikut ini adalah analisa dari program praktek ke 2.
1.       Program pertama
-          Tampilan program
a.       Form 1


b.      Form2



c.       Module





-          Permasalahan

Ulasan
a.       Kita perhatikan kode sumber berikut
Apabila program dijalankan, maka compiler akan menghentikan program dan memberi tahu kita bahwa “Constant cannot be the target of an assignment” yang menunjukan bahwa nilai konstanta tidak dapat dirubah sebagaimana ketika kita memberi nilai pada variabel biasa.

Perhatikan listing yang bergaris bawah hitam, disana telah ada variabel konstanta dengan nilai “Kuningan”. Tetapi pada tombol alamat ada pmberian nilai dengan aigment yang merujuk pada nilai yang sama. Hal ini membuat program menjadi gagal untuk dieksekusi. Langkah yang diambil adalah dengan menonaktivkan pemberian nilai pada tombol alamat 1.
b.      Perhatikan kode sumber berikut
Ketika tombol nama 1 diklick maka akan memunculkan nilai nandang. Hal ini diakibatkan karena tombol nama 1 menggunakan variabel global form. Ini menjadi hal biasa karena pada dasarnya, variabel yang lebih dekat yang akan dieksekusi terlebih dahulu. Namun pada tombol nama 2, memunculkan nama yang berbeda karena menggunakan variabel global yang ada di module.

      
Namun untuk masalah alamat, hal ini terkait dengan permasalah yang pertama yakni penonaktifan alamat =” kuningan”. Namun masih ada constanta alamat = “kuningan” yang dideklarasikan di class form1. Hal ini mengakibatkan tombol alamat 1 dan 2 menampilkan nilai yang sama.
c.       Perhatikan kode sumber berikut
Masalah yang ketiga adalah, mengapa tombol tambah umur 1 dan dua berbeda.
Hal ini dikarenakan, pada method tombol tamba umur 1 menggunakan variabel yang bersifat tidak statis. Hal ini akan mengakibatkan ketika tombol diklik selalu akan dimulai dari angaka 1.
Sedangkan tombol tambah umur 2 menggunakan variabel statis yang menjadikanya ketika diklik akan bertambah bukan kembali keawal.

d.      Analisa form ke dua
1.       Disana dapat diliha bahwa Option Excplisit Off, yang menandakan bahwa variabel tidak perlu dipesan terlebih dahulu.
2.       Menggunkan module untuk memberi nilai variabel
3.       Penggunaan method showdialog() mengkibatkan form pertama menjadi tidak aktif.
4.       Pengaktifkan properties readonly di true sehingga textbox tidak dapa disi saat dijankan.
5.       Karena variabel diisi dengan varibel global maka, nilai nama umur dan alamat tidak akan berubah. Tidak adanya perintah increment mengakibatkan umur tidak berubah.
6.       Tombol tutup yang tidak memilki peringatan ya atau tidak ketika kita akan keluar dari form2.


demmikian, semoga bermanfaat ....
semua ketelitian adalah hak Allah Semata....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar